Kamis, 09 Desember 2010

KOORDINASI

KOORDINASI

Adalah proses pengintegrasian tujuan dan kegiatan pada satuan yang terposah pada suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien .
Masalah Dalam Koordinasi
Perbedaan dalam orientasi terhadap tujuan tertentu
Perbedaan dalam orientasi waktu
Perbedaan dalam orientasi antar waktu
Perbedaan dalam formalitas struktur

Mekanisme Pengkoordinasi Dasar

Hirarki manajerial
Aturan dan prosedur
Rencana dan penetapan tujuan

RENTANG MANAJEMEN

Prinsip rentang manajemen berkaitan erat dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh manajer atau atasan. Antara rentang manajemen dan koordinasi saling berhubungan erat. Ada anggapan bahwa semakin besar jumlah rentangan semakin sulit untuk mengkoordinasikan kegiatan bawahan secara efektif



3 Pendekatan

Teknik manajemen dasar

Meningkatkan koordinasi potensial
Mengurangi kebutuhan akan koordinasi


Pendekatan Graicunas

Dalam memilih suatu rentangan, manajer harus mempertimbangkan tidak hanya hubungan satu dengan satu secara langsung dengan bawahan yang diawasi tetapi juga hubungan mereka dengan bawahan dalam kelompok dua atau lebih.

Rumus:  R=n{2(n-1)+(n-1)}
  dalam hal ini:
  * R: jumlah hubungan
  * N: jumlah bawahan


Sumber : luluk.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Pertemuan+keenam.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar