Analisis SWOT Perusahaan Sony Ericsson
Sony Ericsson merupakan perusahaan patungan dengan pembagian keuntungan 50:50 antara Sony Corporation dan Ericsson AB yang didirikan bulan Oktober 2001. Misi perusahaan ini adalah memantapkan Sony Ericsson sebagai merek paling menarik dan inovatif dalam industri perangkat bergerak.
Visi perusahaan:
Visi perusahaan:
· Perlakuan adil terhadap tenaga kerja, pelestarian lingkungan yang proaktif dan keterlibatan langsung dalam komunitas perusahaan
· Memadukan etika yang baik ke dalam semua aspek perusahaan, termasukmanajemen SDM, desain produk, persyaratan pemasok dan program penjangkauankomunitas konsumen
· Membantu membangun dunia yang lebih bersih, aman dan mencerdaskan seluruh aspek social dalam komuniti yang lebih luas dan mendunia.
Ada 2 aturan yang dipakai dalam menjalankan perusahaan baik kepada bagian internal maupun eksternal, yaitu:
· Aturan Korporat adalah aturan yang membantu para karyawan membuat keputusan etis yang diperlukan untuk melakukan tugas pekerjaan mereka sehari-hari
· Aturan tanggung jawab sosial pemasok diterapkan agar para pemasok menyediakan tempat kerja yang aman bagi karyawan, menghormati hak asasi manusia dan menerapkan standar etika yang sesuai dalam semua urusan bisnis
Strategi Sony Ericsson dalam menindak lanjuti hasil analisa SWOT yang dimiliki
S t ren g h t ( kekuatan )
Memiliki kebijakan etika yang menjangkau seluruh Sony Ericsson dan para pemasok yang menjamin semua operasi perusahaan dapat dilaksanakan dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial. Sony Ericsson komit terhadap perbaikan kualitas lingkungan yang berkesinambungan pada produk dan operasi perusahaan di seluruh dunia. Berperilaku teladan sosial dan etika serta menjalankan bisnis yang sesuai dengan semua undang-undang dan peraturan yang berlaku.
Sony Ericsson menghormati hak asasi manusia dan perlakuan etis terhadap semua karyawan. Dan sebagai produsen ponsel terkemuka, Sony Ericsson komit terhadap standar keselamatan yang tinggi dalam desain produknya bagi seluruh pengguna produk maupun para pekerja di dalam pabrik. Tujuan perusahaan ini adalah menyampaikan solusi yang membantu mengurangi pemakaian dan emisi sumberdaya global terhadap udara, darat dan air.
Sony Ericsson menjadi produsen pertama yang menghapus baterai nickel cadmium pada semua ponsel dan bertekad untuk melanjutkan kerja yang progresif dengan cara menghilangkan zat-zat yang dapat merusak lingkungan dari produk sony ericsson sebatas yang dapat dilakukan secara wajar.
Weakness ( kelemahan )
Kelemahan Sony Ericson pada zaman ini adalah kurangnya keluaran produk-produk baru yang menarik dan kurangnya iklan atau pengenalan terhadap brand baru sony ericson terhadap masyarakat luas.
Dari segi harga masih terdapat brand yang harganya belum cukup terjangkau, apalagi sekarang banyak sekali penjual handphone murah dengan fasilitas yang banyak.
Opportunity ( peluang )
Sony Ericsson berpendapat bahwa pengembangan yang berkelanjutan merupakan salah satu tantangan terpenting di masa depan. Para pelanggan menuntut produk dan layanan teradaptasi secara lingkungan sehingga perushaan sony ericsson bertekad untuk memenuhi tuntutan itu.
Bagian sumber daya pers Sony Ericsson yang memuat siaran pers terbaru, arsip siaran pers dan perpustakaan foto dengan gambar ponsel serta aksesorinya
Hal lain yang membuat para pelanggan tetap setia pada produk sony ericsson adalah dibukanya layanan internet untuk menampung segala keluhan para pelanggan.Selain itu, situs web ini menyediakan informasi mengenai kesehatan dan keselamatandalam ponsel dengan cara connecting kehttp://www.ericsson.com/health/.
T h re a t ( ancaman )
Ancaman untuk sony ericson saat ini adalah banyak keluar brand – brand baru yang berkecimpung di penjualan handphone yang menjual handphone dengan harga murah dan dengan fitur-fitur yang lengkap.
Sumber : www.scribd.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar